Parse HTML


Utilize this online converter to parse Adsense, Chitika, Adbrite, and any HTML code into XML code that is compatible with all Blogger templates or other blogging systems.

2/12/22

Dasar Tag Data Tata Letak Global Blogger

Tag Data Tata Letak Global akan digunakan di mana saja dalam kode template Blogger Anda. Karena banyak sekali teman loger yang ingin tahu cara membuat template blogger sendiri maka artikel ini akan bermanfaat bagi para teman bloger yang ingin membuat template Blogger sendiri.

Ada banyak tag berbeda yang dapat teman-teman gunakan untuk menyertakan bagian data tertentu dalam template. Semuanya akan diformat sebagai <data:name1/> atau <data:name1.name2/>, di mana name1 adalah nama bagian data tertentu yang ingin digunakan. Selanjutnya jika kita menggunakan name1.name2, name2 adalah item tertentu dalam satu set data yang berada dalam name1, misalnya photo.url, keterangan photo sebagai name1 dan url sebagai name2.

Berikut ini tag data yang berlaku untuk seluruh halaman, sehingga teman-teman dapat menggunakannya di mana saja, tidak seperti data lain yang hanya dapat digunakan di widget tertentu. Ini harus dirujuk sebagai bagian dari keseluruhan data "blog", misalnya sebagai <data:blog.title/>, dll.
  • title: Judul blog.
  • pageType: Jenis halaman saat ini. Salah satu 'item', 'archive', atau 'index'.
  • url: URL halaman saat ini.
  • homepageUrl: Halaman beranda blog.
  • pageTitle: Judul halaman saat ini. Ini sering kali merupakan judul blog, tetapi mungkin berisi informasi tambahan tentang arsip atau halaman posting.
  • encoding: Encoding yang digunakan untuk blog, misalnya UTF-8.
  • languageDirection: Baik "ltr" atau "rtl" masing-masing untuk bahasa kiri-ke-kanan (left-to-right) dan kanan-ke-kiri (right-to-left).
  • feedLinks: Tautan umpan penemuan otomatis untuk header halaman.


Contoh-contoh Penerapan Tag Data Tata Letak Gloal Blogger

Judul blog
<data:blog.pageTitle/>
Tag ini menunjukkan Judul Blog.

Nama halaman
<data:blog.pageName/>
Tag ini akan menunjukkan Judul Halaman, secara umum, itu adalah judul posting atau judul halaman yang teman-teman bberikan saat di publish.

Jenis halaman
<data:blog.pageType/>
Tag ini akan menunjukkan jenis halaman saat ini. Tag ini memiliki nilai seagi berikut:
  • indexs : Berarti halaman saat ini adalah beranda, label, halaman pencarian, atau semua halaman posting (home, label, search page atau all posts page) termasuk halaman beranda dan halaman posting lama.
  • static_page : Artinya halaman saat ini adalah halaman statis.
  • item : Artinya halaman saat ini adalah halaman postingan.
  • archive : Berarti halaman saat ini adalah halaman arsip (time archive).
  • error_page : berarti halaman saat ini adalah halaman 404 (error page).

*Catatan:
  • Halaman pratinjau akan memiliki jenis halaman “item” tetapi URL-nya adalah “homepageUrl” data:blog.url == data:blog.homepageUrl.
  • Halaman label data:blog.searchLabel == true.
  • Halaman pencarian data:blog.searchQuery == true.
  • Semua halaman posting data:blog.title == data:blog.pageTitle atau data:blog.pageName == "" dalam tanda petik kosong isa dimasukkan alamat url postingan tertentu.
  • Halaman selain beranda seperti halaman postingan lama dan halaman postingan data:blog.url != data:blog.homepageUrl tanda "!=" berarti tidak berada di data tersebut kebalikan dari tanda "==".

Deskripsi Blog
<data:blog.metaDescription/>
Tag ini akan menampilkan deskripsi blog Anda jika halaman saat ini adalah halaman beranda, atau menunjukkan deskripsi posting jika jenisnya adalah static_page atau item. Untuk mengubah deskripsi halaman beranda, buka Setelan. Kemudian pada menu Dasar, klik Deskripsi isis kolom dengan deskripsi pada kolom, klik Simpan. Untuk memasukkan deskripsi berbeda pada postingan atau artikel, sebelum mempublikasikan, lihat di sebelah kanan.

URL Blog
<data:blog.url/>
Tag ini akan menampilkan canonical URL dari halaman saat ini. Canonical adalah URL halaman saat ini tanpa parameter perluasan. Contoh: https://gawe-template.blogspot.com/tahun/bulan/JudulPost - URL canonical : https://gawe-template.blogspot.com/

URL Beranda
<data:blog.homepageUrl/>
Tag ini akan menampilkan URL beranda blog Anda.

Encode blog
<data:blog.encoding/>
Tag ini akan menampilkan encoding yang digunakan di blog Anda, yang umum adalah “UTF-8”.

Language direction
<data:blog.languageDirection/>
Tag ini akan menampilkan "ltr" atau "rtl" untuk bahasa kiri-ke-kanan dan kanan-ke-kiri. Nilai tag ini akan berubah berdasarkan bahasa yang Anda atur untuk blog Anda.

Feed links
<data:blog.feedLinks/>
Tag ini hanya berlaku pada header halaman (sebelum tag </head>). Hasil dari kode ini akan seperti di bawah ini:
<link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Gawe Template - Atom" href="https://gawe-template.blogspot.com/feeds/posts/default" />
<link rel="alternate" type="application/rss+xml" title="Blogger Items - RSS" href="https://gawe-template.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss" />
<link rel="service.post" type="application/atom+xml" title="Blogger Items - Atom" href="https://www.blogger.com/feeds/5248366312679450270/posts/default" />
<link rel="EditURI" type="application/rsd+xml" title="RSD" href="https://www.blogger.com/rsd.g?blogID=5248366312679450270" />


Penggunaan

Seperti yan telah saya jelaskan diawal Tag Data Tata Letak Global adalah kode xml yang tersedia untuk digunakan di semua tempat dalam kode template Blogger. Teman-teman dapat mengapikasikan langsung ke kode HTML:
<data:blog.pageTitle/>

Atau gunakan dalam kondisi seperti ini
<b:if cond="data:blog.pageType == "index">Kode Anda di sini</b:if>

Atau gunakan sebagai atribut elemen HTML dengan expr: sebelum nama atribut
<body exrp:class='data:blog.pageType'>

Catatan: Saya ulani penjelsan dalam halaman pratinjau akan berfungsi seperti URL beranda tetapi memiliki tipe item dan jika ada penjelsan yang kurang atau salah mohon saran krtik dalam koemtar postingan ini, terima kasih.

No comments:

Post a Comment